Elektronika dan Informatika
PROGRAM KEAHLIAN
ELEKTRONIKA DAN
INFORMATIKA
Melaksanakan pengembangan, pemodelan sistem Pelatihan dan pembelajaran dalam peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan bidang Elektronika dan Informatika.
KEGIATAN PELATIHAN
PERANCANGAN PERANGKAT
LUNAK DAN GAME
(REKAYASA PERANGKAT LUNAK)
GAME EDUKASI 2 DIMENSI
Membekali kompetensi peserta Pelatihan dalam membuat konsep game edukasi, desain game edukasi 2D, serta membuat produk game edukasi 2 Dimensi
GAME EDUKASI 3 DIMENSI
Membekali kompetensi peserta Pelatihan dalam membuat konsep game edukasi, desain karakter dan lingkungan 3D game, serta membuat produk game edukasi 3D
BASIS DATA CLIENT SERVER
Membekali kompetensi peserta Pelatihan dalam merancang basis data, membuat query SQL pada Basis data Client server
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
Membekali peserta Pelatihan dalam membuat aplikasi desktop berbasis Pemrograman Berorientasi Objek
APLIKASI WEB TOKO ONLINE
Membekali kompetensi peserta dalam membuat aplikasi toko online menggunakan wordpress
APLIKASI WEB (PHP MYSQL)
Membekali kompetensi peserta dalam membuat aplikasi web front end dan back end menggunakan bootstrap, PHP, MYSQL
APLIKASI WEB FRAMEWORK LARAVEL
Membekali kompetensi peserta dalam membuat aplikasi web front end dan back end menggunakan bootstrap, Framework Laravel, dan MYSQL
APLIKASI ANDROID
Membekali kompetensi peserta dalam membuat aplikasi android berbasis client server menggunakan android studio
KEAMANAN SISTEM INFORMASI (CYBER SECURITY)
Membekali kompetensi peserta dalam mengaplikasikan teknologi hacking pada aplikasi web serta mengaplikasikan deface website
INTERNET OF THINGS (IOT) BERBASIS OTOMATISASI INDUSTRI
Membekali kompetensi peserta dalam mengaplikasikan Internet of Things pada industri pertanian
AUGMENTED REALITY MAGIC BOOK
Membekali kompetensi peserta dalam mengaplikasikan teknologi augmented reality berupa AR Magic Book
Jumlah JP
mulai dari 50, 70, 100,
150JP atau sesuai
permintaan
Optional Program Tambahan
UKK 2 Hari / 20JP
Magang 5 Hari / 50JP
MULTIMEDIA
(DESAIN KOMUNIKASI VISUAL DAN ANIMASI)
ANIMASI 2 DIMENSI
Dalam Pelatihan ini, peserta dapat meningkatkan kompetensi dalam membuat asset model 3D yang artistic dalam environment 3D dan dapat melakukan pencetakan dengan mesin 3D printer
3D GENERALIST
Dalam Pelatihan ini, peserta dapat meningkatkan kompetensi dalam pembuatan projek film animasi 2D melalui pemahaman prinsip dan teknik -teknik animasi 2D, pembuatan naskah dan storyboard
FILM ANIMASI 2D
Dalam Pelatihan ini, peserta dapat meningkatkan kompetensi dalam merancang dan mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia
MULTIMEDIA
Dalam Pelatihan ini, peserta dapat meningkatkan kompetensi seni kreatif membangun aset animasi digital untuk aplikasi web, film, konten digital, digital marketing dan projek digital lainnya
MOTION GRAPHIC
Dalam Pelatihan ini, peserta dapat meningkatkan kompetensi seni kreatif membangun aset animasi digital untuk aplikasi web, film, konten digital, digital marketing dan projek digital lainnya
DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
Dalam Pelatihan ini, peserta dapat meningkatkan kompetensi dalam mendesain komunikasi visual media cetak dan karya digital imaging
Jumlah JP
mulai dari 50, 70, 100,
150JP atau sesuai
permintaan
Optional Program Tambahan
UKK 2 Hari / 20JP
Magang 5 Hari / 50JP
TEKNIK JARINGAN
KOMPUTER DAN TELEKOMUNIKASI
(TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN)
SISTEM KEAMANAN JARINGAN
Pelatihan ini membangun sebuah sistem networking yang sudah terintegrasi dalam sebuah bentuk keamanan jaringan. Dimulai dari materi Konsep Keamanan Jaringan Komputer, menganalisis macam macam serangan pada jaringan komputer di barengi dengan penerapan deteksi serangan pada infrastruktur Jaringan, pada Endpoint (Social Engineering dan Virus)dan membangun proteksi terhadap infrastruktur Jaringan. Selanjutnya menghubungkan layanan membangun jaringan Virtual Private Network dan Sistem kemanan untuk database server
NETWORK INTERNET SERVICE
Pelatihan ini membahas beberapa unit kompetensi yang saling berkaitan antra lain; Merencanakan Media komunikasi jaringan meliputi jenis-jenis media kabel FO, dan kabel UTP pada rack mount. memasang maringan WLAN, memasang router dan manajemen jaringan, serta manajemen jaringan internet. Selanjutnya Pengenalan dan penggunaan Software Defined Network, manajemen dan analisis infrastruktur jaringan internet, pengaturan akses user manajemen dan monitoring jaringan. Pada Akhir pelaksanaan Pelatihan peserta melaksanakan magang Industri yang berkaitan dengan materi pelatihan. Selanjutnya pelaksanaan uji Kompetensi Keahlian.
ADMINISTRASI SERVER
Pelatihan ini akan memulai materi dari pengenalan dan instalasi Sistem Operasi Linux khusus untuk Linux Debian dengan varian yang terbaru. Selanjutnya akan menerapkan pengaturan remote login dan pengaruhnya terhadap jaringan. Mengatur dan menginstalasi FTP Server, DHCP Server, HTTP Server dan yang secure. Menginstal dan mengkonfigurasi DNS Server, serta Pengaturan dan analisis Database Server. Pelatihan ini juga disertai dengan Magang industri dan diakhiri dengan pelaksanaan Uji Kompetensi
JARINGAN FIBER OPTIK DAN WIRELESS OUTDOOR
Pelatihan ini membahas beberapa unit kompetensi yang saling berkaitan antra lain; Merencanakan Media komunikasi jaringan meliputi jenis-jenis media kabel FO, dan kabel UTP pada rack mount. memasang maringan WLAN, memasang router dan manajemen jaringan, serta manajemen jaringan internet. Selanjutnya Pengenalan dan penggunaan Software Defined Network, manajemen dan analisis infrastruktur jaringan internet, pengaturan akses user manajemen dan monitoring jaringan. Pada Akhir pelaksanaan Pelatihan peserta melaksanakan magang Industri yang berkaitan dengan materi pelatihan. Selanjutnya pelaksanaan uji Kompetensi Keahlian.
NETWORK DATABASE SERVICE
Pada Awal materi Pelatihan akan di bekali dengan dengan pengenalan Media Jaringan komputer antar kable bahan Tembaga dan Bahan Fiber Optik, selanjutnya bagaimana pemasangan Fiber Optik, serta teknik penggunaan Peralatan FO, selanjutnya Pemasangan Media FO ke dalam PEralatan Jaringan. Membangun sebuah Jaringan VPN dengan tunneling untuk Database server.Pelatihan ini juga disertai dengan Magang industri dan diakhiri dengan pelaksanaan Uji Kompetensi
MEDIA FIBER OPTIK DAN WIRELESS OUTDOOR
Pelatihan ini dimulai dengan unit kompetensi pengenalan dan konsep media komunikasi menggunakan Fiber Optik. Pengenalan Peralatan dan teknik penyambungan Fiber Optik, dan Konfigurasi penyambungan secara fisik kedalam peralatan seperti Router dan Switch management. Serta cakupan penyambungan keseluruh segmen jaringan tertentu.
MENGELOLA SERVER OPEN SOURCE
Pelatihan ini akan memulai materi dari pengenalan dan instalasi Sistem Operasi Linux khusus untuk Linux Debian dengan varian yang terbaru. Selanjutnya akan menerapkan pengaturan remote login dan pengaruhnya terhadap jaringan. Mengatur dan menginstalasi FTP Server, DHCP Server, HTTP Server dan yang secure. Menginstal dan mengkonfigurasi DNS Server, serta Pengaturan dan analisis Database Server.
TEKNIK ELEKTRONIKA
(TEKNIK AUDIO VIDEO DAN TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI)
EMBEDDED SYSTEM PROGRAMMING MIKROKONTROLER BERBASIS IOT
Pelatihan ini mempelajari sikap, pengetahuan, dan keterampilan tentang Memahami Sistem Embedded, Komponen Embedded, Teknologi Mikrokontroler, Konsep Internet of Thing (loT), membuat Embedded System Mikrokontroler berbasis loT, dan Pemrograman Embedded System Mikrokontroler berbasis loT.
TEKNIK ROBOTIK
Pelatihan ini mempelajari sikap, pengetahuan, dan keterampilan tentang menjelaskan sistem kontrol dan aplikasi robot, desain dan pemrograman dan melakukan perakitan dan pengujian robot tangan.
PENGUKUR KECEPATAN MOTOR BLDC DAN LEVEL BATERAI BERBASIS MIKROKONTROLER
Pelatihan ini adalah merupakan aplikasi dari sistem mikrokontroler untuk mengukur kecepatan putaran mekanis sebuah Motor jenis BLDC, dengan menunggunakan sensor proximity, mengukur level tegangan pada batterry, Sebagai penampil kecepatan putaran motor dan level battery digunakan LCD Nexion
Jumlah JP
mulai dari 50, 70, 100,
150JP atau sesuai
permintaan
Optional Program Tambahan
UKK 2 Hari / 20JP
Magang 5 Hari / 50JP
INTEGRASI
MEMBANGUN APLIKASI POIN OF SALES(MINIMARKET) DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN OOP C# DAN SERVER LINUX(PJBL)
Membekali peserta kemampuan menggunakan bahasa pemrograman C# dalam membuat aplikasi POS(minimarket) dan kemampuan Instalasi database server direct access di Linux.
DESAIN UI/UX DENGAN MENGGUNAKAN FIGMA
Membekali peserta kemampuan untuk memahami konsep UI/UX serta implementasinya menggunakan Figma
PEMROGRAMAN JARINGAN MENGGUNAKAN C#
Membekali peserta kemampuan untuk menggunakan bahasa C# dan memahami konsep dalam jaringan serta implementasinya dalam pemrograman berbasis jaringan
DASAR PEMROGRAMAN VB.NET
Membekali peserta dasar pemrograman dengan MS VB.Net
DASAR PEMROGRAMAN C#
Membekali peserta dasar pemrograman dengan C#
DASAR PEMROGRAMAN C ARDUINO
Membekali peserta kemampuan untuk membuat aplikasi menggunakan Bahasa Pemrograman C Arduino
DASAR PEMROGRAMAN WEB MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODE IGNITER
Membekali peserta kemampuan untuk menggunakan framework codeigniter dalam membangun aplikasi Web
MEMBANGUN APLIKASI SMS GATEWAY DAN WHATSAPP GATEWAY DENGAN MS VISUAL STUDIO
Membekali peserta kemampuan untuk menggunakan Visual Studio dalam membangun aplikasi SMS Gateway dan Whatsapp Gateway
DASAR PEMROGRAMAN WEB MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODE IGNITER
Membekali peserta dasar pemrograman database dengan MS C# dan MyQL
MEMBANGUN APLIKASI SMS GATEWAY DAN WHATSAPP GATEWAY DENGAN MS VISUAL STUDIO
Membekali peserta dasar pemrograman database dengan MS VB.Net dan MySQL
Jumlah JP
mulai dari 50, 70, 100,
150JP atau sesuai
permintaan
Optional Program Tambahan
UKK 2 Hari / 20JP
Magang 5 Hari / 50JP
Views: 283